ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DAN METODE RAPID UPPER LIMB ASESSMENT (RULA) PADA PEKERJA PEMBUAT TAHU GUNA MENURUNKAN RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (Studi Kasus : UMKM MBAH SAWI TAHU)

SUKMANA, EMA PRATIWI (2022) ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DAN METODE RAPID UPPER LIMB ASESSMENT (RULA) PADA PEKERJA PEMBUAT TAHU GUNA MENURUNKAN RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (Studi Kasus : UMKM MBAH SAWI TAHU). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31601601272_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
31601601272_fullpdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Keluhan Musculoskeletal Disordders (MSDs) merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada pekerja yang dapat mengganggu produktivitas pekerja. Pada pekerja pembuat tahu di UMKM Mbah Sawi Tahu, pekerja sering mengeluh karena ada bagian tubuh yang merasa sakit. Pekerja tersebut tak mengenal hari libur dikarenakan pesanan yang selalu ada setiap harinya. Maka pekerjaan ini sangat tidak manusiawi dengan pekerjaan yang masih dilakukan secara manual dengan posisi kerja yang jongkok, berdiri, membungkuk, dan mengangkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah melakukan penelitian mengenai postur kerja yang tidak ergonomis. Maka dalam penelitian ini menggunakan metode QEC dan RULA untuk membahas tentang postur kerja yang tidak alamiah yang dapat menyebabkan tingkat risiko (Musculoskeletal Disordders) MSDs meningkat. Dengan adanya penilaian postur kerja dengan metode tersebut diharapkan dapat diadakan usulan perbaikan terhadap postur kerja yang tidak ergonomis. Didapatkan hasil dengan nilai dari metode QEC yaitu exposure level sebesar 51 % dengan level tindakan dalam waktu dekat dan dengan metode RULA didapatkan skor 7 dengan level resiko tinggi dan tindakan sekarang juga. Setelah dilakukan perbaikan fasilitas kerja dengan alat pencuci kedelai , postur kerja dengan penilaian metode QEC dihasilkan skor 24 % yang termasuk level tindakan 1 yang berarti aman sedangkan dengan menggunakan metode RULA yang dihasilkan mengalami penurunan sebanyak 5 poin menjadi 2 yang tergolong kedalam level resiko kecil dengan tindakan aman. Kata kunci : UMKM Mbah Sawi Tahu, MSDs, QEC, dan RULA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:23
Last Modified: 31 Jan 2023 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28198

Actions (login required)

View Item View Item