PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS NILAI-NILAI WASAṬIYAH DALAM BERAGAMA PADA SMPN 1 TAYU KABUPATEN PATI

Chamidah, Siti Nur (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS NILAI-NILAI WASAṬIYAH DALAM BERAGAMA PADA SMPN 1 TAYU KABUPATEN PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
21502000017_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
21502000017_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis nilai-nilai wasaṭiyah dalam beragama dan untuk mengetahui strategi pengembangan sikap wasaṭiyah dalam beragama peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Usia siswa SMP dikategorikan sebagai usaia remaja, yaitu fase ketika mereka mulai meninggalkan masa anak-anak dan sedang menuju pada masa dewasa. Pada fase ini remaja mencari jati diri yang lebih mapan melalui eksplorasi terhadap diri dan lingkungan sosial. Pada fase penting ini maka perlu ditanamkan nilai-nilai wasaṭiyah dalam bergama terutama pada lingkungan yang heterogen. Pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai wasaṭiyah dalam beragama perlu dikembangkan agar nilai-nilai internalisasi dapat masuk menjadi karakter siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal inilah yang akan menjadi fokus pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, studi penelitian di SMPN 1 Tayu kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, memusatkan perhatian pada satu objek yaitu bagaimana guru PAI mengembangkan model pembelajaran PAI yang berbasis pada nilai-nilai wasaṭiyah dalam beragama. Peneliti akan menggunakan tiga tahapan penelitian, pertama adalah melakukan kajian literatur terkait dengan pengembangan model pembelajaran PAI. Tahap kedua melakukan kajian teori tentang nilai-nilai wasaṭiyah dalam beragama. Tahap ketiga yaitu menganalis pengembangan model pembelajaran PAI berbasis nilai wasaṭiyah dan strategi pengembangan sikap wasaṭiyah dalam beragama kepada peserta didik. Hasil penelitian ini, dalam pengembangan model pembelajaran PAI berbasis nilai-nilai wasaṭiyah oleh guru PAI dengan menggabungkan beberapa model pembelajaran oleh para ahli dan beberapa pendekatan yang penggunaannya disesuaikan dengan materi serta kebutuhan peserta didik, ditambah dengan menerapkan empat nilai-nilai wasaṭiyah yaitu toleransi, keadilan, keseimbangan dan kesetaraan. Usaha pengembangan dalam menerapkan nilai-nilai wasaṭiyah menjadi karakter sikap dan prilaku peserta didik didukung oleh beberapa kegiatan yang mendukung penerapan nilai-nilai wasaṭiyah dalam beragama yang sesui dengan prinsip-prinsip penanaman nilai karakter yaitu memberikan pengetahuan, mengubah lingkungan dan keteladan serta lewat komunikasi yang baik. Kata kunci: model pembelajaran PAI, nilai-nilai wasaṭiyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:23
Last Modified: 31 Jan 2023 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28195

Actions (login required)

View Item View Item