PRAKTIK PERJODOHAN DALAM HUKUM ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DESA WEDING KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK)

Labib, Fahmi (2022) PRAKTIK PERJODOHAN DALAM HUKUM ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DESA WEDING KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30501800018_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
30501800018_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebagai orang tua memang memiliki tugas untuk menuntun anak-anaknya untuk mencapai kehidupan yang terbaik. Namun seringkali orang tua mementingkan ego dan menganggap keputusan orang tua dalam menjodohkan anaknya itu keputusan yang sudah benar. Tapi yang terjadi terkadang malah membuat kehidupan anak-anak mereka kedepannya menjadi lebih buruk dari apa yang di inginkan anak-anak mereka. Perjodohan di Desa Weding Kecamatan Bonang Kabupaten Demak memiliki beberapa tipe perjodohan. Ada perjodohan endogami dan juga perjodohan eksogami yang didalamnya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. dalam perjodohan di Desa Weding Kecamatan Bonang sendiri juga terdapat beberapa faktor yaitu meliputi faktor adat istiadat, faktor ekonomi, faktor status sosial dan juga faktor perjanjian antara kedua keluarga. Dan juga terdapat beberapa dampak dan tinjauan hukum islamnya mengenai perjodohan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak apa saja yang timbul terhadap keharmonisan rumah tangga serta tinjauan Hukum Islamnya mengenai perjodohan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan metode induktif. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat beberapa dampak positif dan juga dampak negatif terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Weding Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Ada juga beberapa faktor yang menjadikan sebagian besar orang tua di Desa Weding Kecamatan Bonang Kabupaten Demak menjodohkan anak-anak mereka. Dalam tinjauan hukum Islamnya juga jika mencapai kemaslahan perjodohan diperbolehkan, akan tetapi dilarang jika memang dalam berumah tangga ternyata tidak mendatangkan kebahagiaan bagi anak-anak mereka. Kata Kunci : Perjodohan, keharmonisan rumah tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:20
Last Modified: 30 Jan 2023 06:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28189

Actions (login required)

View Item View Item