ANALISIS KINERJA PEMASARAN (Studi pada UKM Batik Solo)

Wirdanu, M. Gicha (2022) ANALISIS KINERJA PEMASARAN (Studi pada UKM Batik Solo). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30402000461_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
Manajemen_30402000461_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan perusahaan merupakan salah satu faktor penting bagi perekonomian yang sehat namun pada era modern tantangan untuk kesuksesan tersebut semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan perusahaan dan kemampuan bersaing perusahaan yaitu, Inovasi dan Kinerja Pemasaran berdasarkan Orientasi Pasar yang terdiri dari Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Kinerja Lintas Fungsi. Dengan penyataan tersebut penelitian ini meneliti perkembangan UKM batik Solo dikarenakan Solo merupakan salah satu sentra penghasil batik Indonesia yang terkenal. Pada penelitian ini digunakan analisa kuantitatif yang terdiri atas analisa Instrumen, analisa Asumsi Klasik, analisa Regresi Linier Berganda dan analisa Statistik untuk pengolahan data yang telah didapatkan melalui pengisian kuesioner oleh 118 responden dan dianalisa menggunakan program SPSS v. 25. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Koordinasi Lintas Fungsi berpengaruh secara signifikan terhadap Inovasi dan Kinerja Pemasaran begitu juga Inovasi yang dapat berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Melalui perihal tersebut dapat diketahui bahwa dalam meningkatkan kesuksesan perusahaan, kemampuan bersaing perusahaan dan melakukan perubahan atau penyesuaian pada perusahaan maka perlu memperhatikan Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Koordinasi Lintas Fungsi dan Inovasi. Namun Inovasi tidak dapat menjadi variable Intervening karena terdapat pengaruh budaya lokal yang kental. Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Koordinasi Lintas – Fungsi, Inovasi dan Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:05
Last Modified: 27 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item