OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA MENGGUNAKAN PRODUK FUNDING PADA KSPPS BINAMA CABANG BATANG

ISLAMA, TALENTA AURA (2022) OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA MENGGUNAKAN PRODUK FUNDING PADA KSPPS BINAMA CABANG BATANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401800420_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
Manajemen_30401800420_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bagi lembaga keuangan, pendanaan merupakan aspek terpenting dan utama dalam menjalankan sistem operasional. Namun, proses realisasi penghimpunan dana (funding) tidak semudah yang dibayangkan, dalam pelaksanaanya sering mengalami naik turun sejalan dengan kondisi yang ada. Hal ini juga dirasakan oleh KSPPS BINAMA cabang Batang, di mana kegiatan penghimpunan dana tidak dapat mencapai target sedangkan kegiatan pembiayaan terus meningkat. Tujuan dari penulisan laporan ini yaitu untuk mengetahui optimalisasi strategi pemasaran, terutama variabel promotion pada kegiatan personal selling dan variabel people dalam upaya meningkatkan minat anggota menggunakan produk funding. Sehingga target funding pada KSPPS BINAMA cabang Batang dapat tercapai. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun laporan ini yaitu kualitatif, dengan metode triangulasi. Hasil dari laporan ini yaitu strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh KSPPS BINAMA cabang Batang mencakup segmentation, targeting, positioning, dan marketing mix (7P) sudah tepat, namun perlu dioptimalkan terutama pada promosi personal selling dan people. Berdasarkan hasil survei, minat anggota menggunakan produk funding (simpanan) pada KSPPS BINAMA cabang Batang sudah berada di kategori sangat berminat (> 8,20 – 10), namun belum mencapai skor maksimal. Dari empat indikator pada minat beli, minat transaksional mendapatkan skor paling rendah (8,58) dan minat eksploratif mendapatkan skor paling tinggi (8,91). Sedangkan berdasarkan data jumlah rekening, minat anggota pembiayaan masih lebih tinggi daripada minat anggota simpanan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmentation, Targeting, Positioning, Marketing Mix (7P), Minat Beli Konsumen, Funding

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:47
Last Modified: 30 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item