ANALISA MANAJEMEN RISIKO (Risk Management) GUNA MEMPERBAIKI KUALITAS WOODEN LAMP MENGGUNAKAN METODE FMEA (Failure Mode Effect Analysis)

SETIAWAN, MUHAMMAD (2022) ANALISA MANAJEMEN RISIKO (Risk Management) GUNA MEMPERBAIKI KUALITAS WOODEN LAMP MENGGUNAKAN METODE FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601501134_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601501134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)

Abstract

PT. Pasifik Pertama adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan penjualan barang meubel serta pelayanan jasa design interior. Salah satu alasan penelitian ini dilakukan pada produk wooden lamp karena pada wooden lamp angka kecacatan produk yang paling tinggi yaitu dari total produksi 380 box jumlah produk cacat mencapai 53 box, dibandingan produk furnitrue lain.Dengan angka kecacatan sebesar 17, 67%, jumlah ini termasuk yang paling besar diantara produk-produk lain seperti halnya untuk produksi kitchen set angka kecacatannya hanya 2%, meja kantor 2% dan untuk produk metal hampir tidak ditemukan kecacatan dikarenakan karyawan yang telah terlatih dan alat yang sudah memadahi.Identifikasi kecacatan dengan metode manajemen risiko dan perhitungan dengan metode FMEA menunjukan bahwa risiko cacat yang terjadi selama ini sangat tinggi, yang berkontribusi pada tingginya tingkat kecacatanproduk, Risiko tinggi ditunjukan dengan hasil RPN tertinggi yang di peroleh dari perhitungan SxOxD dengan kategori (sedang-tinggi) sebesar 336 setelah melakukan perbaikan, turun menjadi 72.Perbaikan yang direkomendasikan untuk proses penghalusan adalah melakukan pengecekan setting mesin sebelum pengamplasan, melakukan perawatan mesin secara berkala, dengan mengganti amplas setiap 24 jam.Selain itu, proses finishing dipantau secara berkala, kualitas kayu baik, dan ada baiknya untuk memilih kualitas bahan kelas A serta melakukan SOP berdasarkan peraturan dan standar yang ada. Kata Kunci : FMEA , PT. Pasifik Pertama, , Risk Management, wooden lamp

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:45
Last Modified: 27 Jan 2023 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28158

Actions (login required)

View Item View Item