Qomariyah, Sri Hikmatul (2022) HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SEGITIGA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34201800028_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201800028_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
Abstract
Mayoritas siswa mengalami hambatan epistimologi karena adanya kesulitan-kesulitan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita, dimana siswa jika diberikan soal dengan bentuk berbeda dari yang diajarkan oleh guru, cenderung siswa mengalami hambatan, karena siswa selalu berpatok dengan jenis soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan epistemologi siswa kelas VII MTs Masda Sluke dalam menyelesaikan soal cerita. Berjenis penelitian kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif, karena merupakan penelitian yang ditunjukkan untuk menyelidiki suatu keadaan, kondisi maupun hal-hal lain yang nantinya hasilnya akan dijelaskan dalam bentuk suatu laporan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Masda Sluke yang masing-masing 1 orang siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian soal cerita materi Segitiga, wawancara, dan alat rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan epistemologi diantaranya: hambatan konseptual, banyak ditemui pada kesalahan dalam menentukan rumus dan ketidaksesuaian dalam penggunaan teorema atau definisi. Hambatan prosedural terjadi karena belum mampu mengenali kondisi yang diberikan oleh suatu konsep. Hambatan teknik operasional terjadi karena subjek tidak cermat dan tidak teliti dalam membaca dan mengerjakan suatu masalah. Kata Kunci : Hambatan Epistemologi, Soal Cerita, Segitiga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28109 |
Actions (login required)
View Item |