Nurjanah, Siti (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BAHARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34201800026_fullpdf.pdf Download (28MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201800026_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul Aritmatika Sosial berbasis etnomatematika bahari yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau oleh 3 ahli, yakni ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Selanjutnya, tingkat kepraktisan ditinjau oleh respon guru matematika dan siswa kelas VIII SMP NU 09 Rowosari Kendal. Sedangkan pada tingkat keefektifan ditinjau berdasarkan ketuntasan dan adanya pengaruh motivasi belajar siswa. Pengembangan tersebut juga dilakukan guna mengetahui penggunaan modul berbasis etnomatematika bahari dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini berbentuk penelitian pengembangan R&D (research & development) menggunakan metode ADDIE (analyze, design, develop, implement, and evaluate). Modul Aritmatika Sosial berbasis etnomatematika bahari, dikembangkan dengan mendesain gambar menggunakan photoshop, dan microsoft word. Modul matematika tersebut berisi materi Aritmatika Sosial yang telah terintegrasi dengan aktivitas masyarakat pesisir khususnya di Desa Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal. Setelah dihasilkan produk, maka akan dilakukan validasi, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi tes kemampuan koneksi matematis, angket lembar validasi, angket respon siswa dan guru, serta angket motivasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 3.00, ahli desain diperoleh skor 3.63, dan ahli bahasa diperoleh skor 3.00. Dengan demikian produk yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 3,21 dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah produk diuji cobakan ke siswa. Diperoleh respon siswa dengan skor 3.02 dan respon guru matematika dengan skor 3.25 dinyatakan dalam kriteria sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, dilakukan evaluasi produk dengan memberikan soal tes kemampuan koneksi matematis dan angket motivasi belajar kepada siswa. Diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematis sebesar 83,54 telah mencapai ketuntasan dan 58,6% besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis menggunakan modul tersebut. Kata Kunci : Koneksi Matematis, Modul Pembelajaran, Etnomatematika Bahari, dan Aritmatika Sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:08 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:08 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28108 |
Actions (login required)
View Item |