ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Hajijah, Siti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800025_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa di SMPN 5 Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan data mengenai deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada setiap gaya belajar. Sehingga melalui penelitian tersebut mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan diberikan pembelajaran yang lebih efektif berdasarkan dari tipe gaya belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini berfokus pada kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik siswa pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Manis Mata. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi keempat tahapan pemecahan masalah matematika, yaitu mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana penyelesaian masalah, mampu melaksanakan rencana penyelesaian masalah, mampu memeriksa kembali hasil jawaban yang telah diperoleh. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi sampai tahap ketiga tahapan pemecahan masalah matematika, yaitu mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana penyelesaian masalah, dan mampu melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar, Bentuk Aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:07
Last Modified: 27 Jan 2023 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item View Item