Widuri, Siska Sri (2022) ANALISIS RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MODEL HYBRID LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34201800024_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201800024_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran siswa dalam materi bangun datar pada model hybrid learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu analisis kemampuan penalaran pada materi bangun datar kelas IV. Penelitian ini melibatkan 16 siswa kelas IV SDN Kuangsan Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Pengumpulan data diambil secara tatap muka dengan menggunakan hasil tes tertulis kemampuan penalaran. Tes kemampuan penalaran terdiri dari 3 (tiga) soal uraian materi bangun datar. Dari hasil tes tersebut dilakukan pengambilan sempel berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Setelah mendapatkan sempel dilakukan wawancara untuk mengetahui resiliensi siswa dalam mengerjakan soal kemampuan penalaran. Hasil penelitian yang dilakukan menujukkan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan penalaran baik memiliki resiliensi yang baik pula yaitu dengan memenuhi 7 (tujuh) indikator ciri orang resilien. 2) Siswa dengan kemampuan penalaran cukup memiliki resiliensi matematis yang cukup pula yaitu dengan memenuhi 4 (empat) indikator ciri orang resilien. 3) Siswa dengan kemampuan penalaran kurang memiliki resiliensi yang kurang pula yaitu hanya memenuhi 2 (dua) indikator ciri orang resilien. Kata Kunci : Hybrid Learning, Kemampuan Penalaran, Resiliensi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:07 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28106 |
Actions (login required)
View Item |