Addafi, Muhammad Zukha Mukharrik (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34201800022_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201800022_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran berbasis quizizz dan mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan ex post facto design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Demak sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian belajar siswa serta soal tes yang berisi 3 butir soal tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bentuk aljabar. Uji hipotesis menggunakan uji Regresi linier sederhana. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Demak dikategorikan sedang atau cukup tinggi dengan skor rata-rata 64,23 dengan nilai tertinggi 72 dan nilai terendah 42. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 5 Demak dikategorikan sedang atau cukup tinggi dengan skor rata-rata 31,43 dengan nilai tertinggi 36 dan nilai terendah 10. Adapun hasil analisis statistik inferensial dipeoleh bahwa Secara parsial variabel kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 5 Demak sebesar 76%. Kata Kunci : Quizizz, Kemandirian belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:06 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28105 |
Actions (login required)
View Item |