ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FPB DAN KPK

Safitri, Maylani (2022) ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FPB DAN KPK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800021_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman relasional siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah FPB dan KPK. Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa Sekolah Dasar yang belum memiliki pemahaman mendalam ketika melakukan penyelesaian masalah matematis FPB dan KPK. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 18 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes tertulis pemahaman relasional, wawancara pada subjek terpilih, lembar observasi, dan dokumentasi selama kegiatan penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemahaman relasional dan tes wawancara pemahaman relasional. Subjek diambil dari hasil tes kemampuan pemahaman relasional sebanyak 3 siswa yang sudah jenuh sebagai subjek kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemahaman relasional agar diperoleh data lebih jelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman relasional pada subjek kategori kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Pada subjek kemampuan tinggi memiliki pemahaman relasional sangat baik dalam menyelesaikan masalah FPB dan memiliki pemahman relasional cukup baik dalam menyelesaikan KPK. Sedangkan pada subjek kemampuan sedang memiliki pemahaman relasional cukup baik dalam menyelesaikan masalah FPB maupun KPK. Pada subjek kemampuan rendah memiliki pemahaman relasional kurang baik dalam menyelesaikan masalah FPB maupun KPK. Kata Kunci: Pemahaman Relasional, Menyelesaikan Masalah, Faktor Persekutuan Terbesar, Kelipatan Persekutuan Terkecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:07
Last Modified: 30 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28103

Actions (login required)

View Item View Item