KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Ahna, Manunal (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800020_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan oleh siswa karena pada dasarnya siswa dituntut untuk berusaha sendiri mencari pemecahan masalah serta pengetahuan yang menyertainya sehingga menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII ditinjau dengan gaya kognitif siswa field independent dan field dependent pada materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ditentukan dari pengklasifikasian hasil tes GEFT yang dikembangkan oleh Witkin (1973) dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes GEFT dan tes kemampuan pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII A MTs Mazro‟atul Huda Karanganyar, dengan 2 siswa gaya kognitif field independent dan 2 siswa gaya kognitif field dependent. Instrumen pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika agar lebih jelas datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif field independent dalam kategori baik pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, sedangkan pada tahap memeriksa kembali siswa dengan gaya kognitif field independent berkategori cukup, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent memiliki kategori baik dalam tahap memahami masalah, sedangkan dalam merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali siswa field dependent dalam kategori cukup. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya kognitif, Field Independent, Field Dependent, Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:05
Last Modified: 30 Jan 2023 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28100

Actions (login required)

View Item View Item