HAMBATAN BELAJAR TERKAIT KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI PENYAJIAN DATA

Sa’adah, Lu’lu (2022) HAMBATAN BELAJAR TERKAIT KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800019_fullpdf.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan hambatan belajar terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada materi penyajian data dan mengetahui faktor penyebab terjadinya hambatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara triangulasi dengan menggunakan observasi dan instrumen yaitu tes tertulis, angket serta wawancara. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Lasem dengan mengambil subjek sebanyak 32 siswa kelas VII-D yang melalui teknik purposive sampling terpilih enam responden untuk diberikan lembar angket dan dilakukan wawancara pendalaman. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga jenis hambatan belajar, yaitu: (1) hambatan epistemologi pada konsep penyajian data yang muncul dengan adanya keterbatasan siswa dalam melakukan perhitungan, (2) hambatan ontogenik muncul dari indikator ontogenik psikologis akibat kurang tertariknya dengan pembelajaran matematika dan indikator ontogenik konseptual yang berupa siswa mengalami tuntutan berpikir tinggi dengan variasi soal yang disajikan, (3) hambatan didaktik muncul dalam bentuk penyajian materi yang tidak variatif selama pembelajaran. Kata kunci: Hambatan Belajar, Pemecahan Masalah Matematis, Flipped Classroom, Penyajian Data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:20
Last Modified: 27 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28097

Actions (login required)

View Item View Item