ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Oktaviani, Lailya Nur (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800018_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Komunikasi matematis adalah penguasaan menyampaikan gagasan dengan simbol, diagram, dan tabel untuk memecahkan persoalan matematika. Kepercayaan diri merupakan keyakinan akan kemampuan diri seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah dengan baik. Dengan adanya rasa percaya diri, siswa dapat mengkomunikasikan gagasan mereka untuk memperjelas ide dalam penyelesaian masalah yang mereka ungkapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa SMA pada pembelajaran tatap muka terbatas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kasiman kelas XI MIPA 3. Subjek penelitian ditentukan dari pengkategorian kepercayaan diri siswa dari hasil angket yang dikelompokkan menjadi 3, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes kemampuan komunikasi matematis. Instrument pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan komunikasi matematis agar data lebih jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Siswa dengan kepercayaan diri tinggi, mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis yang terdiri dari tujuh indikator; (2) Siswa dengan kepercayaan diri sedang, belum mampu menggunakan simbol-simbol matematika dengan tepat, belum mampu menjelaskan hasil pekerjaan secara logis; (3) Siswa dengan kepercayaan diri rendah belum mampu menggunakan simbol-simbol matematika dengan tepat, belum mampu memahami istilah-istilah dalam bahasa matematika, belum mampu menggambarkan situasi masalah dan menyatakan solusi masalah dalam bentuk tulisan dan atau gambar dengan baik dan bernar, belum mampu menjelaskan hasil pekerjaan secara logis. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:19
Last Modified: 27 Jan 2023 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28094

Actions (login required)

View Item View Item