PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Ummamah, Kisfatul (2022) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800015_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase tingkat kemandirian belajar siswa kelas VII SMP NU 09 Rowosari Kendal pada materi bangun datar segiempat dan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari kemandirian belajar. Terdapat 4 indikator yang menjadi fokus penelitian kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Tingkat kemandirian belajar siswa mempengaruhi kemampuan berpikir keratif siswa. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan analisa data secara deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes tertulis, dan wawancara, kemudian pada analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ditentuka berdasarkan tingkat kemandirian belajar dengan diambil 2 sampel dari masing-masing kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persentase tingkat kemandirian belajar yang paling tinggi adalah pada kriteria siswa dengan kemandirian belajar lemah, kemudian kemandirian belajar siswa dengan kategori kuat menempati urutan kedua, dan siswa dengan kemandirian belajar sangat lemah dan sangat kuat sama sama menempati urutan ketiga. (2) Profil kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari kemandirian belajar dideskripsikan sebagai berikut : siswa dengan kemandirian belajar sangat lemah, lemah, kuat, dan sangat kuat memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda. Kata kunci : Kemampuan berpikir kreatif, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:31
Last Modified: 27 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item