ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Altik, Femasitawati (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800014_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Saat ini masih sering ditemui siswa yang mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal matematika khususnya pada soal cerita matematika. Siswa yang mengalami kesulitan menurut Khasanah & Sutama, 2015 terbagi menjadi tiga aspek kesulitan siswa diantaranya aspek bahasa, aspek prasyarat dan aspek terapan. Hasil jawaban soal tes siswa menjadi acuan untuk menganalisis tingkat kemampuan representasi matematika sehingga dapat dilihat dimana letak kesalahan yang dipengaruhi oleh kesulitan siswa apakah pada aspek representasi visual, representasi simbolik, atau representasi teks/verbal. Penelitian bertujuan menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Mujahidin sebanyak 6 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan representasi pada kategori tertentu. Data yang dianalisis yaitu tentang kemampuan representasi matematis dari hasil tes yang diberikan dan juga hasil wawancara mengenai kesulitan siswa dalam penyelesaian soal cerita materi perbandingan. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil tes menunjukkan siswa kategori kemampuan representasi sedang atau cukup baik memiliki dua atau lebih aspek indikator kemampuan representasi matematis yang baik. Siswa kategori rendah hanya memiliki satu aspek indikator representasi yang baik. Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa pada siswa kemampuan representasi sedang ada pada indikator kesulitan aspek prasyarat dan terapan sedangkan faktor kesulitan siswa pada siswa kemampuan representasi rendah ada pada indikator kesulitan siswa aspek bahasa, prasyarat, dan terapan. Diharapkan siswa lebih rajin mengulang pembelajaran untuk mengasah keterampilan penyelesaian soal cerita. Kata Kunci: Analisis, Representasi, Kesulitan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:30
Last Modified: 27 Jan 2023 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28089

Actions (login required)

View Item View Item