PENGENDALIAN PERSEDIAAN REGULAR SPARE PART DENGAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM (MODEL Q) (Studi Kasus di PT KPJB Jepara)

PURBOWO, JANU SEJATI WAHYU (2022) PENGENDALIAN PERSEDIAAN REGULAR SPARE PART DENGAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM (MODEL Q) (Studi Kasus di PT KPJB Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31602000106_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000106_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

PT KPJB merupakan perusahaan jasa Operation & Maintenance (O&M) yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan O&M PLTU Tanjung Jati B unit 3&4 dengan kapasitas 2 x 660 MW Nett. Kinerja unit pembangkit salah satunya ditunjukkan dari capaian efisiensi dan keandalan unit yang sangat dipengaruhi oleh kualitas dan efektifitas kegiatan operasi dan pemeliharaan unit pembangkit. Kualitas dan efektifitas kegiatan operasi dan pemeliharaan unit pembangkit sangat dipengaruhi oleh tingkat ketersediaan material cadang (spare part). Material cadang yang baik haruslah memiliki beberapa kriteria meliputi kesesuaian spesifikasi, kesesuaian jumlah, serta kesesuaian waktu saat dibutuhkan. Pengelolaan persediaan material cadang di PT KPJB dalam beberapa tahun terakhir mendapatkan hasil penilaian maturity yang cukup rendah dikarenakan terjadinya kondisi over stock spare part, sebagai indikasi berlebihnya jumlah pengadaan atas material tersebut atau ketidaksesuaian dalam perencanaan pengadaan material. Sudah ada ketentuan persediaan perusahaan, tetapi secara umum belum digunakan sebagai acuan terutama dalam hal pengisian kembali stok atau stock replenishment dikarenakan adanya potensi terjadi peningkatan level persediaan jika ketetapan jumlah minimum stock untuk seluruh material harus dipenuhi. Hal ini dimungkinkan karena tidak ada prioritasisasi material reguler yang harus di-stock dan perhitungan ROP & ROQ yang belum sesuai kaidah sebagaimana mestinya. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, dengan metode FSN dapat ditentukan prioritas material yang harus di-stock dan dilanjutkan dengan perhitungan metode continuous review system untuk menentukan jumlah order (q) dan titik pemesanan kembali (r) menunjukkan rata-rata nilai total persediaan tiap item secara umum lebih rendah dari kebijakan inventori eksisting dengan potensi penghematan berdasarkan hasil perhitungan terhadap 7 sampel terpilih hasilnya bervariasi dari yang terendah sebesar 3% hingga tertinggi sebesar 30% dengan nilai terendah Rp15.439.796,00 dan tertinggi Rp618.388.463,00. Kata kunci: continuous review system, inventori, overstock, reguler spare part, ROP, ROQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:29
Last Modified: 27 Jan 2023 02:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28087

Actions (login required)

View Item View Item