PENYUSUNAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) GUNA MEMINIMASI KETERLAMBATAN PADA CV. SEKAR LANGGENG

ULYA, SAFIRA HIMMATUL (2022) PENYUSUNAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) GUNA MEMINIMASI KETERLAMBATAN PADA CV. SEKAR LANGGENG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800086_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

CV. Sekar Langgeng merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan memproduksi berbagai jenis mebel menggunakan sistem produksi make to order. Pola produksi pada perusahaan ini memiliki urutan produksi yang sama, biasa disebut dengan pola produksi Flow Shop. Sistem penjadwalan pada perusahaan menggunakan aturan First Come Fisrt Served (FCFS). Dalam hal ini perusahaan sering mengalami keterlambatan pengiriman barang yang mengakibatkan adanya complain dari pihak pelanggan. Masalah tersebut diakibatkan karena penjadwalan perusahaan belum optimal dan tidak dilakukan perhitungan yang pasti dan hanya menggunakan insting saja. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan adanya penyusunan serta perhitungan penjadwalan produksi dengan tujuan untuk menentukan penjadwalan yang efektif sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman barang. Metode yang digunakan yaitu Campbell Dudek Smith (CDS) yang nantinya akan dibandingkan dengan perhitungan penjadwalan sesuai aturan perusahaan, First Come First Served (FCFS). Hasil Perhitungan dengan metode CDS menghasilkan urutan Job dengan nilai makespan terkecil sebesar 10.682 menit dan urutan prioritas yang dihasilkan adalah A-I-B-D-C-E-G-H-F. Hasil perhitungan dengan metode FCFS menghasilkan nilai makespan terkecil sebesar 12.714,57 menit dengan urutan prioritas A- B-C-D-E-F-G-H-I. Perhitungan menggunakan metode CDS menghasilkan nilai makespan yang lebih kecil dengan selisih nilai makespan sebesar 2.032,57 menit dan persentase penghematan makespan sebesar 19,02% artinya metode CDS menghasilkan penjadwalan yang lebih efektif. Kata kunci : Campbell Dudek Smith, First Come First Served, penjadwalan, keterlambatan pengiriman barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:13
Last Modified: 27 Jan 2023 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28080

Actions (login required)

View Item View Item