ANALISIS PERBAIKAN PRODUK KECAP DENGAN METODE KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: HOME INDUSTRY KECAP BAROKAH, NGADIREJO TEMANGGUNG)

NURCHAYATI, NURCHAYATI (2022) ANALISIS PERBAIKAN PRODUK KECAP DENGAN METODE KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: HOME INDUSTRY KECAP BAROKAH, NGADIREJO TEMANGGUNG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800074_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800074_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Industri Kecap Barokah merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang industri kecap. Kecap Barokah adalah kecap manis hitam yang tersedia dalam dua kemasan: plastik dan botol kaca. Permasalahan kecap barokah adalah sulitnya industri rumah tangga kecap barokah untuk mengembangkan kecap barokah dengan berbagai jenis kecap yang ada di pasaran karena masih belum mengetahui bagaimana cara melakukan perbaikan produknya. Permintaan konsumen dilaksanakan untuk perbaikan produk dengan mengetahui atribut yang diinginkan konsumen dan memberikan saran perbaikan kecap barokah. Metode yang dapat digunakan untuk penyempurnaan produk dengan menggunakan metode KANO bertujuan untuk mengklasifikasikan atribut-atribut yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen. QFD (Quality Function Deployment) yang memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan produk. Karena ketiga atribut KANO dianggap acuh tak acuh atau netral, maka tersisa 12 atribut dari hasil penelitian yang dilakukan. Selanjutnya, kami akan memilih 12 atribut termasuk CR (customer requirements) dan 16 atribut termasuk departemen pemilik kecap di rumah produksi melalui wawancara dan memperbaikinya menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment). Dari hasil matriks HOQ terlihat bahwa usulan perbaikan yang dapat dilakukan oleh pemilik Kecap Barokah adalah memperbaiki desain label kemasan dengan tingkat prioritas tertinggi 12,6%. Kata Kunci: Perbaikan produk, Metode KANO, QFD (quality function deployment)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 01:29
Last Modified: 27 Jan 2023 01:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28073

Actions (login required)

View Item View Item