ANALISIS BAHAYA PADA PROSES PRODUKSI FILLET IKAN EKOR KUNING BEKU DENGAN METODE HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) (STUDI KASUS: PT. BELITUNG BERKAH MANDIRI)

RACHMANUDIN, HASYIR TSENA (2022) ANALISIS BAHAYA PADA PROSES PRODUKSI FILLET IKAN EKOR KUNING BEKU DENGAN METODE HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) (STUDI KASUS: PT. BELITUNG BERKAH MANDIRI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800041_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

PT. Belitung Berkah Mandiri (PT.BBM) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan ecer hasil perikanan dan pengolahan ikan yang terletak di di Jalan RE. Martadinata RT. 007/RW. 004, Komplek Pelabuhan Perikanan Nusantara, Kelurahan Kota Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Fillet ikan ekor kuning beku (frozen) adalah salah satu produk olahan ikan yang paling sering diproduksi dan menjadi produk utama dari PT. Belitung Berkah Mandiri. Produk fillet ikan ekor kuning beku tersebut juga memiliki kekurangan karena sifat dasar ikan yang sangat mudah membusuk (perisable food) dan mudah mengalami kemunduran mutu disebabkan aktivitas enzim dan mikrobiologi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, ditemukan permasalahan yang dapat berpengaruh terhadap mutu dan keamanan produk fillet ikan ekor kuning beku yang dihasilkan antara lain: karyawan tidak menggunakan sarung tangan pada beberapa tahapan produksi, menggunakan bak fiber yang berlumut untuk mencuci ikan, penggunaan pan pembekuan fillet yang berkarat). Penelitian ini menggunakan metode Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) dengan harapan dapat meminimumkan resiko adanya bahaya keamanan pangan. Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode HACCP terdapat potensi bahaya biologi, kimia serta fisik pada proses produksi dan ditemukan titik kendali kritis (CCP) yakni pada tahap sortasi, pemfilletan, penyusunan di pan, pembekuan, penyimpanan beku dan pengiriman. Kata kunci: Fillet Ikan Ekor Kuning Beku, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), PT. Belitung Berkah Mandiri, Titik Kendali Kritis (CCP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:55
Last Modified: 26 Jan 2023 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28064

Actions (login required)

View Item View Item