KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SD

Budi, Arif Setio (2022) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800007_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah menguji keefektifan pembelajaran pendekatan bridging analogy dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi bangun ruang kelas VI SD Negeri Joho. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis pre-experimental rancangan One – Shot Case Study. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa kelas VI SD Negeri Joho. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk, One Sample tTest, Paired t-Test, dan Uji N – Gain. Uji hipotesis One Sample t-Test disimpulkan bahwa rata – rata tes kemampuan penalaran matematis siswa mencapai lebih dari KKM 75 yaitu 79,89. Paired t-Test penalaran matematis disimpulkan bahwa rata – rata skor tes kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang meningkat dari 51,90 menjadi 79,89. Paired t-Test perbedaan minat belajar disimpulkan bahwa minat belajar matematika meningkat setelah mengikuti pembelajaran bridging analogy , hasil rata – rata angket minat belajar 59,35 (rendah) menjadi 86,09 (sangat tinggi). Uji N – Gain kelanjutan hipotesis paired t-test yaitu 60,48% dan 63,50% menunjukkan bahwa pendekatan bridging analogy termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan pembahasan disimpulkan bahwa pendekatan bridging analogy cukup efektif jika diterapkan kepada siswa SD untuk meningkatan kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci : Pendekatan Bridging Analogy, Penalaran Matematis, dan Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:54
Last Modified: 26 Jan 2023 01:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28061

Actions (login required)

View Item View Item