Septyarini, Anisa (2022) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS CERITA PARABEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP JENIS SEGITIGA DENGAN BERBANTUAN TEOREMA PHYTAGORAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Matematika_34201800006_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201800006_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Pemahaman konsep termasuk dalam tujuan dasar yang harus dipahami siswa pada suatu pembelajaran, salah satu pembelajaran yang memerlukan pemahaman konsep adalah matematika. Hasil survei yang dilakukan oleh Organisation for Economic Coopertaion and Development (OECD), ternyata matematika Indonesia masih berada dalam peringkat yang cukup tertinggal, masih ada siswa yang belum sepenuhnya paham dengan konsep matematis pada materi matematika. Oleh karena itu perlu adanya suatu inovasi baru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran matematika, contohnya berupa pengembangan media pembelajaran. Melalui penelitian dan pengembangan ini, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan peneliti membuat media pembelajaran berupa komik digital berbasis cerita parabel, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep jenis segitiga berbantuan teorema phytagoras pada siswa kelas VIII MTs NU 01 Pecalungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Adapun langkah-langkah yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan adalah modifikasi dari langkah Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs NU 01 Pecalungan yang berjumlah 30 siswa, dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen angket validasi, respon dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik digital berbasis cerita parabel valid dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep jenis segitiga berbantuan teorema phytagoras berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, hasil uji coba lapangan dari penilaian respon guru dan penilaian respon siswa. Selanjutnya efektifitas komik digital berbasis cerita parabel dinyatakan efektif meningkatkan pemahaman konsep jenis segitiga berbantuan teorema phytagoras pada siswa berdasarkan hasil penelitian dengan skor nilai 80,5 yang selanjutnya digeneralisasi menggunakan uji-t dengan dk = (
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 01:53 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 01:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28059 |
Actions (login required)
View Item |