ANALISIS POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS PEKERJA PENJAHITAN DI KONVEKSI MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) (Studi Kasus : Alfatih Konveksi)

SARI, ANIK YUNITA (2022) ANALISIS POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS PEKERJA PENJAHITAN DI KONVEKSI MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) (Studi Kasus : Alfatih Konveksi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800017_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)

Abstract

Alfatih konveksi merupakan badan usaha konveksi milik bapak M. Aqib Fajri yang berdiri sejak tahun 2012. Alfatih Konveksi memiliki 3 stasiun kerja yang diantaranya yaitu pembuatan pola dan pemotongan, proses penjahitan, dan proses finishing dan perapian produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko cedera pada pekerja dalam stasiun kerja sehingga dapat diberikan masukan yang berguna untuk kemajuan perusahaan. Pengumpulan data dengan melakukan studi lapangan, wawancara dan pembagian kuisioner terhadap pekerja untuk mendapatkan data yang dinginkan. Data tersebut adalah data postur kerja pekerja yang meliputi lengan atas, lengan bawah, pergelangan tangan, leher, punggung dan kaki untuk pengolahan data dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan kuisioner Nordic Body Map. Pengolahan data yang telah dilakukan dari hasil perhitungan kuesioner NBM terdapat operator yang memiliki skor tertinggi yaitu pada pada operator finishing dan perapian produk dengan skor 72. Dari skor metode RULA yang memiliki skor tertinggi yaitu pada operator finishing dan perapian produk yang dengan skor 5 yang berarti perlu adanya perubahan untuk postur kerja yang dilakukan. Usulan perbaikan posisi kerja pada saat proses finishing dengan menyediakan alat bantu untuk mengurangi risiko cedera pada pekerja akibat terlalu lama membungkuk dan kaki ditekuk pada saat bekerja, alat yang disarankan adalah meja dan kursi. Sama halnya dengan proses pembuatan dan pemotongan pola. Kata Kunci : Nordic Body Map, Postur Kerja, Rapid Upper Limb Assessment (RULA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:52
Last Modified: 26 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item View Item