ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK HOLLOW DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESSING CONTROL (SPC) STUDI KASUS DI PT. ALI BANGUN NEGERI (ABN)

SAPUTRA, WAHYU RINDY (2022) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK HOLLOW DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESSING CONTROL (SPC) STUDI KASUS DI PT. ALI BANGUN NEGERI (ABN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700086_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT. Ali Bangun Negeri adalah perusahaan yang bergerak di bidang fabrikasi baja, jasa, serta dalam bidang pemprosesan pencetakan baja ringan. Masalah yang dihadapi oleh PT. Ali Bangun Negeri ini adalah kualitas produk yang belum optimum karena produk tidak ter-clam meliputi berbagai kegiatan, yaitu proses uncoil dimana coil ditaruh pada uncoiler sehingga menjadi lembaran, lalu proses forming yaitu proses penekukan atau pencetakan uncoil sehingga membentuk hollow yang tidak ter-clam. Jumlah produk yang gagal dalam proses produksi adalah 229 sampel unit kegagalan dalam periode produksi satu bulan februari pada jenis hollow 4x4x4x4 k. Untuk mengatasi masalah kualitas produk tersebut, peneliti menggunakan metode SPC (Statistical Processing Control). Metode SPC ini menggunakan 5 tool pengendalian kualitas, yaitu Check Sheet, Histogram, Peta Kendali U (U-chart), Analisis Kapabilitas Proses, dan Diagram Sebab-akibat (Fishbone Diagram) dimana setiap tool memiliki fungsi masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerusakan tertinggi adalah jahitan tidak ter-clam dengan total kerusakan sebanyak 157 produk cacat. Tingkat kerusakan tertinggi kedua adalah produk bergelombang sebanyak 150 produk cacat dan tingkat ketiga panjang produk tidak sama sebayak 128 produk cacat pada bulan Ferbuari 2021 dari total 3297 produk. Sedangkan total kerusakan 435 produk cacat dari total output 3297 pada Ferbuari 2021. Selain itu, berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa faktor penyebab kerusakan pada proses produksi adalah dari faktor pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/bahan baku, dan lingkungan kerja. Sehingga peneliti memberikan usulan perbaikan diataranya yaitu melakukan pengecekan part-part mesin secara berkala, terutama pada coil, bearing, dan poli. Dalam memperketat pengawasan yang dilakukan oleh kepala produksi agar para tenaga kerja semakin berkonsentrasi dan agar tidak terjadi kesalahan pengukuran, memasang poster SOP setting mesin pada lokasi-lokasi penting di lini produksi terutama di dekat mesin produksi agar para operator mampu melakukan setting mesin dengan benar sesuai SOP yang berlaku, melakukan inspeksi bahan secara menyeluruh saat sebelum bahan baku memasuki lini produksi dan lain sebagainya. Kata kunci : Fisbhone Diagram, Histogram, Hollow, Statistical Prosessing Control.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2023 01:23
Last Modified: 27 Jan 2023 01:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28054

Actions (login required)

View Item View Item