PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Purwandana, Singgih (2022) PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31402000257_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengetahuan perpajakan dan dampak sistem elektronik perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel pemoderasi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebumen. Penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai dasar untuk mengumpulkan data. Populasi yang digunakan adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebumen. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling dengan kriteria Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Kebumen dan Wajib Pajak Orang Pribadi yang pernah menggunakan aplikasi e-Filing. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 110 responden. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sementara penerapan e-Filing memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Selanjutnya sosialisasi perpajakan tidak memoderasi pengaruh antara pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan sosialisasi perpajakan memperkuat hubungan positif antara penerapan e-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: Pengetahuan perpajakan, penerapan e-filing, sosialisasi perpajakan, kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:57
Last Modified: 25 Jan 2023 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28038

Actions (login required)

View Item View Item