ANALISIS TINGKAT EFISIENSI AKTIVITAS PROSES PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus PT. UTAMA CORE ALBASIA)

ABDILLAH, RIZKY USMA (2022) ANALISIS TINGKAT EFISIENSI AKTIVITAS PROSES PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus PT. UTAMA CORE ALBASIA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700077_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700077_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

PT. Utama Core Albasia merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada bidang industri pengolahan kayu yang berlokasi di Jln. Raya Boja – Kaliwungu, PT. Utama Core Albasia sering mengalami kekurangan dalam memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat sehingga PT tersebut dituntut untuk memenuhi permintaan konsumen. Input yang digunakan oleh PT. Utama Core Albasia apabila melakukan proses produksi seharusnya dapat memenuhi permintaan konsumen, berdasarkan hasil wawancara dari pemilik pabrik input yang digunakan yaitu bahan baku, upah pekerja, jam kerja, jumlah pekerja dan biaya operasional. Seharusnya dari input tersebut dapat memperoleh hasil dengan maksimal. Dari input yang disediakan oleh PT. Utama Core Albasia untuk melakukan kegiatan produksi seharusnya dapat menghasilkan produk kayu plywood sesuai dengan permintaan konsumen, bahkan dapat melebihi dari permintaan tersebut, namun kenyataan yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan harapan, serta hal ini juga diperkuat dengan hasil wawancara dengan pemilik pabrik bahwasannya pabrik sama sekali belum pernah melakukan pengukuran tingkat efisiensi dari aktivtias proses produksinya, hasil produksi dan permintaan pada setiap bulannya masih banyak yang belum terpenuhi dengan rata rata produksi 60815 unit dan permintaan pesanan 62432. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat efisiensi pada PT. Utama Core Albasia, mengetahui dan menganalisa tingkat efisiensi pada PT. Utama Core Albasia, serta memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan efisiensi aktivitas proses produksi dengan pertimbangan kondisi yang sesuai untuk PT. Utama Core Albasia, dengan menggunakan metode Data Envelopement Analysis (DEA) dan menggunakan software pendukung Banxia Frontier Analyst. Terdapat 7 DMU dan hasil dari analisis tersebut menyatakan bahwa terdapat 2 DMU yang efisien yaitu pada DMU 2 tepatnya bulan Februari dengan skor 1 atau 100% dan pada DMU 7 tepatnya bulan Juli dengan skor 1 atau 100%. Sedangkan untuk 5 DMU yang lainnya mengalami inefisiensi yaitu pada DMU 1 dengan skor 0,9242 atau 92.42%, DMU 3 dengan skor 0,9502 atau 95.02%, DMU 4 dengan skor 0,9567atau 95,67 %, DMU 5 dengan skor 0,8725 atau 87.3%, DMU 6 dengan skor 0,9560 atau 95,60%. Kata Kunci : PT. Utama Core Albasia, Efesiensi, Data Envelopment Analysis (DEA), Banxia Frontier Analyst, Decision Making Unit (DMU)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:19
Last Modified: 25 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28028

Actions (login required)

View Item View Item