PENGARUH E-FISKUS DAN SOSIALISASI INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SEMARANG

Sania, Fatma Kumala (2022) PENGARUH E-FISKUS DAN SOSIALISASI INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31402000215_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

UMKM merupakan bentuk usaha kerakyatan untuk menopang perekonomian negara dimana di dalam masa pandemi Covid-19, UMKM merupakan usaha yang paling terdampak. Masalah klasik yang sering muncul adalah rendahnya tingkat pembayaran pajak oleh UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan kepatuhan wajib pajak UMKM dengan kesadaran wajib pajak sebagai varibel moderasi. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah e-fiskus dan sosialisasi insentif pajak. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Data penelitian didapatkan dari menyebaran kuesioner yang ditujukan kepada wajib pajak UMKM di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling sebanyak 100 responden. Hasilnya menunjukan bahwa e-fiskus dan sosialisasi insentif pajak pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Sedangkan interaksi e-fiskus dan sosialisasi insentif pajak dengan kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Kata Kunci: E-Fiskus, Sosialisasi Insentif Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:19
Last Modified: 25 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28027

Actions (login required)

View Item View Item