PENGARUH DIMENSI KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN KONVENSIONAL DAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2020)

ALIMAH, DYAH VITYA NUR (2022) PENGARUH DIMENSI KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN KONVENSIONAL DAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31402000211_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan sebagai penguji pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba. Terdapat tiga dimensi untuk menentukan kualitas audit diantaranya ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) yang bagi menjadi Big Four dan Non Big Four, auditor spesialisasi industri, dan audit tenure. Data yang diperoleh menggunakan data sekunder yang bersal dari laporan keuangan tahunan industri perbankan konvensional dan syariah di Bursa Efek Indonesia periode 20118-2020. Melalui metode purposive sampling ada 39 perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Auditor spesialisasi industri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan audit tenure berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Kata kunci : Kualitas Audit, Manajemen laba, Ukuran KAP, Spesialisasi, Audit Tenure

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:13
Last Modified: 25 Jan 2023 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28021

Actions (login required)

View Item View Item