PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ROTI’O SEMARANG

Zulfanisa, Nabila (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ROTI’O SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401800237_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
Manajemen_30401800237_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, brand awareness terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada Roti’O Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi pelanggan yang pernah melakukan transaksi pembelian di Roti’O Indonesia cabang Semarang. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan menggunakan convience sampling convience sampling dengan kriteria tertentu. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS 23.0 dengan 4 tahapan pengujian, yaitu statistic deskriptif, uji instrument data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan bahwa social media marketing terbukti memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Roti’O Semarang. Hal ini didukung oleh media gambar, tulisan, video, dan aspek lain pada social media Roti’O. Social media marketing terbukti memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Roti’O Semarang. Roti’O menggunakan social media marketing untuk memasarkan produk dimana akan membantu konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang dibutuhkan. Kepuasan pelanggan terbukti memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Salah satu faktor terciptanya perilaku konsumen adalah kepuasan yang pernah dirasakan sebelumnya. Pelanggan yang merasa puas cenderung akan melakukan keputusan pembelian selanjutnya. Brand awareness terbukti memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian ulang pembelian. Brand awareness yang tinggi akan membuat konsumen mudah untuk mengingat dan mengenali dari produk yang dijual oleh Roti’O. Selain itu juga didapatkan bahwa kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi antara social media marketing dengan keputusan pembelian ulang. Sedangkan kepuasan pelanggan mampu memediasi brand awareness terhadap keputusan pembelian ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:02
Last Modified: 25 Jan 2023 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28014

Actions (login required)

View Item View Item