PERAN SISTEM e-FILING SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA SIKAP WAJIB PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang)

Medina, Dewinta Nur (2021) PERAN SISTEM e-FILING SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA SIKAP WAJIB PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31402000206_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Pajak merupakan pendapatan terbesar dalam suatu negara dan termasuk unsur penting untuk menunjang anggaran pendapatan dan pelaksanaan pembangunan negara. Membayar pajak merupakan wujud dari kewajiban dan peran serta seorang warga negara (wajib pajak) dalam pembiayaan dan pembangunan nasional. Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dengan menciptakan kemudahan dalam penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) melalui penyampaian secara elektronik berbasis internet menggunakan sistem e-Filing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem e-Filing sebagai mediator hubungan sikap wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Semarang. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan non pendidik yang berada di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan teknis analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan sistem e-Filing. Penerapan sistem e-Filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sikap wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Penerapan sistem e-Filing memediasi hubungan antara sikap wajib pajak dengan kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci : Sikap Wajib Pajak, e-Filing, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:01
Last Modified: 25 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28013

Actions (login required)

View Item View Item