ANALISIS KUALITAS LAYANAN PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNISSULA MENGGUNAKAN MODEL HIGHER EDUCATION SERVICE QUALITY (HESQUAL)

MUHAMAD NUR FADHILLAH, MUHAMAD NUR (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNISSULA MENGGUNAKAN MODEL HIGHER EDUCATION SERVICE QUALITY (HESQUAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700058_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)

Abstract

Mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan merupakan keharusan bagi institusi perguruan tinggi mengingat saat ini prodi Teknik Industri memiliki akreditasi B dan berdasarkan data pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia, Unissula menempati peringkat ke-118. Dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, perlu pemahaman mengenai kualitas layanan untuk menghasilkan kualitas layanan yang unggul, dimana kualitas layanan meliputi berbegai dimensi penentu, adanya kesalahan dalam menentukan prioritas atas berbagai dimensi tersebut akan menyebabkan pemborosan sumber daya. Dengan mengintegrasikan gagasan kualitas transformative dalam pengukuran kualitas layanan dapat dijadikan sebagai tolak ukur penilaian dari hasil proses pembelajaran. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 124 mahasiswa dari populasi mahasiswa angkatan 2017 s.d 2019 kemudian teknik pengambilan data menggunakan teknik probability sampling. Pengujian data dilakukan menggunakan metode exploratory factor analysis (EFA) dan pendekatan structural equation modeling (SEM). Pada hasil akhir penelitian didapatkan bahwa variabel yang mempengaruhi transformative quality pada prodi teknik industri adalah core education. Kemudian variabel yang mempengaruhi core education adalah support infrastructure dan administrative quality. Saran manajerial ditujukan untuk pelayanan pada prodi teknik industri dalam merumuskan kebijakan pengembangan agar dapat meningkatkan kualitas lulusan pada prodi teknik industri Unissula. Kata Kunci: Administrative Quality; Core Educational Quality; Exploratory Factor Analysis; Physical Environment Quality; Service Quality; Structural Equation Modeling; Support Facilities Quality; Transformative Quality

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:59
Last Modified: 25 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28009

Actions (login required)

View Item View Item