PERAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN DALAM PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN (STUDI KASUS PT INDO SEAFOOD)

Muna, Nabighoh Tanjah (2022) PERAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN DALAM PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN (STUDI KASUS PT INDO SEAFOOD). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401800234_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
Manajemen_30401800234_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan persediaan dalam pengolahan ikan yang merupakan salah satu bagian dari manajemen pemasaran yang berperan signifikan untuk membentuk manfaat sebuah produk, sebab melalui pemahamanbahwasannya sebuah barang yang berguna belum dapat dipastikannya bahwasannya konsumen menjadi loyal terhadap barang itu.Di PT IndoSeafood permintaan lebih tinggi daripada yang dapat dipenuhi,padahal jumlah stok yang tersedia secara keseluruhan masih banyak yang tidak terjual sehingga kendala ini dapat menyebabkan ketidakberhasilan pemasaran dan distribusi ke end user atau konsumen akhir sehingga menimbulkan deadstock (stock mati) yang sulit terjual karena ketidak sesuaian dengan polapermintaan konsumen. Tujuan penyelesaian permasalahan pada Laporan Magang ini antara lain :1) Memperoleh data Jumlah produksi dan distribusi dalam satu periode produksi sehingga mendapat gambaran permintaan pasar dalam kurun waktu tertentu, 2) Mencari Informasi ketersediaan bahan baku dalam kurun waktu satu periode sehingga mendapat gambaranjumlah pasokan selama waktu tertentu, 3) Mendapatkan beberapa alternatif tindakan untuk memperbaiki pengendalian persediaan, 4) Mengetahui peran manajemen pengendalian persediaan terhadap permasaran. Peran persediaan pada pemasaran di PT indoseafood ditemukan beberapa sebab yaitu: :1)Ditemukan banyak persediaan barang jadi yang menumpuk dan berumur di atas 6 bulan pada persediaan mendorong diperlukananya strategi pemasaran yang baru seperti bundling produk,flashsales ataupun pembagian untuk amal, 2) Ditemukan banyaknya kebijakan yang dikeluarkan manajemen yang berubah ubah dan tidak mempertimbangkan ketersediaan stock yang masih ada mendorong diperlukannya perencanaan produksi dengan sebaik- baiknya dan kebijakan pemasaran yang tetap dan baku terutama pada produk yang tidak laku, 3) Tidak Adanya penggunaan system informasi persediaan yang otomatis dan terintegrasi untuk mengelola ketersediaan stock yang masih ada mendorong diperlukannya perangkat lunak sebagai system informasi dalam pendukung persediaan dan pemasaran, 4) Keterlambatan dalam memenuhi pesanan pelanggan mendorong diperlukannya produksi yang berlandaskan informasi persediaan dan keputusan pemasaran yang berbeda,5) Adanya Gap stock mendorong diperlukannya safety stock dan strategi pemasaran yang lebih bervariasi pada produk yang sulit terjual,6) kurangnya informasi mengenai selera pasar mendorong perlunya riset pasar rutin sehingga keputusan pemasaran dan persediaan dapat memberikan resiko yang lebih kecil,7) pembatasan jumlah persediaan yang masih belum jelas karena perusahaan tidak mempertimbangkan ketersediaan stock yang masih ada mendorong diperlukannya system informasi persediaan yang berkala dan dapat digunakan pemasar untuk mengubah strategi pemasaran ketika terdapat produk yang mendekati masa kadaluarsa. Dari beberapa factor diatas diketahui bahwa kurangnya informasi mengenai selera pasar adalah penyebab dengan frekuensi tertinggi, dengan demikian peneliti memberikan rekomendasi dalam memperbaiki hal itu. Setelah mengetahui. Rekomendasi yang diberikan dan diimplementasikan penuliskepada perusahaan yakni melalui pendekatan personal kepada perusahaan dengan menyarankan agar melakukan riset pasar yang lebih detail dan lengkap sehingga prediksi pasar pada saat produksi tidak meleset terlalu jauh dan dapat menjadi pertimbangan saat memutuskan melakukan strategi pemasaran berkelanjutan Kata kunci: pengendalian persediaan, pemasaran , olahan ikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:58
Last Modified: 25 Jan 2023 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item