ANALISIS HUMAN ERROR PADA PROSES PEMINTALAN BENANG DI RING SPINNING FRAME MENGGUNAKAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) ( Studi Kasus : PT. Delta Dunia Sandang Tekstil )

Qotrunnada, Lisa (2022) ANALISIS HUMAN ERROR PADA PROSES PEMINTALAN BENANG DI RING SPINNING FRAME MENGGUNAKAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) ( Studi Kasus : PT. Delta Dunia Sandang Tekstil ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700052_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

PT Delta Dunia Sandang Tekstil merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil, yang berfokus pada proses pemintalan benang. Produk yang dihasilkan dipasarkan di dalam maupun luar negeri Sehingga kualitas produk merupakan salah satu hal yang terpenting. Penelitian ini berfokus pada proses produksi ring spinning frame. Proses produksi ring spinning frame tidak terlepas dari adanya produk cacat, jenis cacat yang terjadi seperti benang tidak rata, benang tipis, benang tebal dan benang gembos. Berdasarkan hasil observasi kesalahan dapat terjadi pada manusia ataupun pada mesin. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Human Error Assessment Reduction Technique (HEART) menunjukkan bahwa probabilitas kesalahan manusia dengan nilai HEP sebesar 0,135. Selanjutnya diterapkan metode Root Cause Analysis dengan bantuan tools 5 why methods untuk mencari akar penyebab masalah untuk meminimalisir terjadinya human error. Berdasarkan hasil RCA diperoleh faktor penyebab human error adalah Para operator kurang memiliki pengatahuan dan pengalaman yang cukup dalam melakukan proses penyambungan benang, operator belum terbiasa menyambung benang dari depan dan kurang memahami posisi badan dalam menyambung benang dengan benar, operator kurang fokus dan tidak teliti saat menyambung benang karena banyaknya benang yang putus, belum adanya sop perusahaan dalam hal menyambung benang secara detail, kurang training secara berkala yang dilakukan oleh perusahaan, belum terdapat prosedur disetiap line produksi untuk mengurangi kesalahan pada proses kerja, Tidak ada peringatan kesalahan menyambung benang. Berdasarkan hasil dari pengolahan data menggunakan metode HEART dan RCA didapatkan usulan perbaikan dalam proses produksi ring spinning frame yaitu perusahaan perlu memberikan training secara berkala kepada karyawan tentang bagaimana bekerja secara tepat untuk meminimalisir human eror, perusahaan perlu memberikan prosedur disetiap line produksi untuk mengurangi kesalahan pada proses kerja, perusahaan perlu membuat peringatan kepada karyawan sehingga karyawan tidak melewati batas prosedur yang ditentukan perusahaan, perusahaan perlu memberikan alat peredam kebisingan. Kata kunci : Human error, HEART, RCA, 5 why methods

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:29
Last Modified: 25 Jan 2023 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27999

Actions (login required)

View Item View Item