INTERAKSI KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Novayanah, Alfi (2022) INTERAKSI KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800004_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan interaksi antara kecemasan matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan ex post facto design. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa kelas VIII I dan VIII J SMPN 3 Larangan. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecemasan matematika dan angket kemandirian belajar siswa serta soal tes yang berisi 3 butir soal tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Uji hipotesis menggunakan uji Regresi linier Berganda dan uji ANOVA Dua Jalur dengan Interaksi. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa dengan menggunakan pembelajaran problem based learning, kecemasan matematika siswa perempuan lebih rendah dan kemandirian belajar siswa perempuan lebih tinggi dibanding dengan siswa laki-laki. Kecemasan matematika rendah dan kemandirian belajar tinggi menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Sebaliknya kecemasan matematika tinggi dan kemandirian belajar siswa rendah menghasilkan kemampuan pemecahan masalah rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara kecemasan dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Terdapat juga interaksi antara kecemasan matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Kata Kunci : Pembelajaran Problem Based Learning, Kecemasan Matematika, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:28
Last Modified: 25 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27998

Actions (login required)

View Item View Item