PERENCANAAN PERAWATAN DAN PENJADWALAN PADA MESIN SPINDLELESS VENERR DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS : PT. UTAMA CORE ALBASIA)

PURBA, LINGGA APRILIA (2022) PERENCANAAN PERAWATAN DAN PENJADWALAN PADA MESIN SPINDLELESS VENERR DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS : PT. UTAMA CORE ALBASIA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700051_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Kegiatan produksi pembuatan plywood yang terjadi setiap hari dapat memiliki kemungkinan tingkat kerusakan mesin yang tinggi dan berimbas pada hasil produksi yang berkurang di PT. Utama Core Albasia. Kejadian tersebut akibat dari belum adanya penjadwalan dan pemeliharaan yang optimal pada mesin yang dipakai untuk produksi. Pada tahun 2020, perusahaan tersebut telah mengalami kejadian kerusakan pada komponen mesin. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada equipment di mesin Spindleless Veneer yang sering mengalami kerusakan serta belum adanya jadwal pemeliharaan yang efektif. Spindleless Veneer sendiri adalah komponen utama dalam mesin produksi plywood yang dapat menyebabkan masalah serius apabila mengalami kerusakan. Berdasarkan hasil analisis RCM pada tahap FMEA diperoleh nilai RPN paling tinggi pada equipment bearing. Dengan nilai RPN 320 Equipment tersebut, kemudian dilakukan analisis menggunakan LTA untuk mengetahui kekritisan kegagalan pada komponen mesin Spindleless Veneer. Setelah dianalisis dengan fishbone diagram diperoleh akar penyebab komponen yang rusak. Dari hasil penelitian, perbaikan tindakan pemeliharaan untuk melakukan rencana strategi perencanaan pemeliharaan dalam bentuk task Selection RCM Decision Worksheet perlu dilakukan. Diusulkan juga tindakan pemeliharaan yang tepat dan mengacu pada analisis metode RCM, dimana metode tersebut salah satu upaya dalam peningkatan mesin yang semakin produktif dalam pengoperasian sehari-hari dalam aktivitas perusahaan. Kemudian karena jadwal perbaikan mesin yang sudah ada sebelumnya kurang efektif, perlu dilakukan perubahan jadwal kerja yang berupa pemeliharaan preventif untuk mesin spindleless veneer adalah MTFB 288 jam, MTTR 2,83 jam, dan availability 37,44 % dari hasil perhitungan diatas maka penjadwalan yang semula 2 minggu 1 kali, berubah menjadi 1 minggu 1 kali Kata Kunci : Penjadwalan dan Perencanaan Perawatan, Reliability Centered Maintanance (RCM), Spindleless Veneer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:27
Last Modified: 25 Jan 2023 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27995

Actions (login required)

View Item View Item