PEMBUATAN EXHAUST FAN OTOMATIS UNTUK MENGURANGI KADAR ASAP KENDARAAN DI DALAM RUANGAN UJI KIR KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN MODEL KANO (Studi Kasus Tempat Uji Kendaraan Bermotor Kabupaten Pemalang)

Shidqi, Hasby Ash (2022) PEMBUATAN EXHAUST FAN OTOMATIS UNTUK MENGURANGI KADAR ASAP KENDARAAN DI DALAM RUANGAN UJI KIR KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN MODEL KANO (Studi Kasus Tempat Uji Kendaraan Bermotor Kabupaten Pemalang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700045_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Pengujian kendaraan bermotor disebut juga uji kir adalah serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan. Pelaksanaan Pengujian kendaraan bermotor di Unit PKB dan pemeriksaan dilakukan oleh Penguji yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah, bagi kendaraan yang memenuhi kelaikan akan disahkan oleh pejabat yang ditunjuk akan diberi tanda uji.Gas buang (emisi) dari kendaraan, atau yang lebih dikenal sebagai asap knalpot, adalah produk sisa dari pembakaran mesin kendaraan yang tidak sempurna. Gas yang dibuang mengandung berbagai zat kimia dan dengan mudah terhirup siapa saja di sekitar kendaraan yang mengeluarkan emisi. Tanpa disadari, paparan tersebut memasuki sistem pernapasan dan peredaran darah sehingga menyebabkan kerusakan tubuh meskipun membutuhkan waktu yang lama. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Quality Function Deplotment (QFD) dan Model Kano dimana,meliputi beberapa tahapan diantaranya : Desain sistem sesuai dengan keinginan responden sehingga mendapatkan Voice Of Customer (VOC),setelah ditapatkan VOC sesuai dengan penyebaran kuesioner terbuka langkah selanjutnya dengan pendekatan menggunakan model kano untuk mendapatkan atribut pembentuk produk serta dipadukan dengan Voice Of Enginer (VOE), kemudian dilanjut dengan perancangan hardware pada alat Exhaust Fan Otomatis, perancangan software Pada alat Exhaust Fan Otomatis,Pengujian hardware ,pengujian software, dan analisis pengujian Exhaust Fan Otomatis Untuk Mengurangi Kadar Asap Kendaraan di dalam ruangan uji kir kendaraan. Alat yang dihasilkan dapat mengurangi kadar gas buang yang ada di dalam lorong uji pada saat kadar gas buang mencapai 17 ppm maka Exhaust Fan akan menyala dan menyerap udara sampai kadar gas buang di bawah 17 ppm. Kata Kunci : Quality Function Deplotment (QFD), Exhaust Fan, Ruangan Uji Kir Kendaraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:51
Last Modified: 25 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item View Item