ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN

Fauzanah, Aldira Eka (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, masalah matematika, materi pecahan Untuk mewujudkan budaya literasi pada siswa oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak tahun 2016 menerapkan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Guna menyebarluaskan GLN setiap sekolah menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) membantu dalam mewujudkan generasi yang literat Membaca merupakan kemampuan yang menjadi langkah awal dalam memahami beberapa literasi dasar lainnya, yaitu literasi sains, literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dengan menggunakan kemampuan literasi numerasi dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa SMP N 3 Blora dalam menyelesaikan masalah materi pecahan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII E semester genap tahun ajaran 2020/2021. peneliti menggunakan 30 sampel awal untuk mengerjakan tes kemampuan literasi numerasi yang telah disiapkan. 9 sampel sebagai kategori tinggi, 12 sampel sebagai kategori sedang, dan 9 sampel sebagai kategori rendah. Subjek yang digunakan yaitu memilih satu setiap kategori, sehingga terdapat 3 subjek untuk di analisis lebih dalam. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Instrumen pedoman wawancara digunakan untuk penguat dalam memperoleh data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi numerasi sebagai kategori tinggi dalam menyelesaikan masalah pecahan mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi numerasi. (2) kemampuan literasi numerasi sebagai kategori sedang dalam menyelesaikan masalah pecahan cukup mampu dalam memenuhi indikator pertama dan kedua kemampuan literasi numerasi, tetapi kurang mampu dalam memenuhi indikator ketiga kemampuan literasi numerasi. (3) kemampuan literasi numerasi sebagai kategori sedang dalam menyelesaikan masalah pecahan cukup mampu memenuhi indikator pertama kemampuan literasi numerasi, tetapi kurang mampu dalam memenuhi indikator kedua dan ketiga kemampuan literasi numerasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:46
Last Modified: 25 Jan 2023 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27980

Actions (login required)

View Item View Item