KEMAMPUAN PENALARAN PLAUSIBLE SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LIMIT FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR FELDER SILVERMAN DIMENSI ACTIVE – REFLECTIVE

Taufiqurrohman, Muhammad (2022) KEMAMPUAN PENALARAN PLAUSIBLE SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LIMIT FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR FELDER SILVERMAN DIMENSI ACTIVE – REFLECTIVE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800002_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Penalaran plausible merupakan proses berpikir untuk menghasilkan dugaan yang masuk akal untuk mendapatkan kesimpulan, serta dengan pemberian argumentasi yang didasarkan pada sifat-sifat matematis. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam belajar (gaya belajar). Perbedaan gaya belajar mempengaruhi kemampuan siswa dalam melakukan penalaran plausible. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran plausible siswa dalam memecahkan masalah matematika dibedakan berdasarkan gaya belajar active, reflective dan gabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif karena penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan penelitian yang ditunjukkan untuk menyelidiki suatu keadaan, kondisi maupun hal-hal lain yang nantinya hasilnya akan dijelaskan dalam bentuk suatu laporan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA I’anatut Thalibin Pati yang masingmasing 2 siswa bergaya belajar active, reflective dan gabungan. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian soal cerita materi Limit, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar active dalam menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar kurang mampu dalam melakukan penalaran plausible, Siswa yang memiliki gaya belajar reflective mampu melakukan penalaran plausible dan salah satu siswa yang memiliki gaya belajar gabungan mampu melakukan penalaran plausible. Kata Kunci : Penalaran Plausible, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:43
Last Modified: 25 Jan 2023 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27973

Actions (login required)

View Item View Item