USULAN PERBAIKAN POSTUR KERJA KARYAWAN UNTUK MEMINIMALKAN CEDERA MUSCULOSKELETAL DISORDER (MSDs) DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST (QEC) PADA STASIUN PEMANENAN (Studi Kasus : Pabrik Gula Trangkil)

ROSIANA, DYAH AYU (2022) USULAN PERBAIKAN POSTUR KERJA KARYAWAN UNTUK MEMINIMALKAN CEDERA MUSCULOSKELETAL DISORDER (MSDs) DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST (QEC) PADA STASIUN PEMANENAN (Studi Kasus : Pabrik Gula Trangkil). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700038_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pabrik Gula Trangkil merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri gula yaitu gula kristal putih. Terdapat sembilan proses di pabrik gula salah satunya adalah pemanenan tebu, dalam pemanenan tebu terdapat tiga proses yaitu pemotongan, Pembersihan & pengikatan, pemindahan. Dalam proses pemanenan masih menggunakan tenaga manusia atau material manual handling. Kegiatan material manual handling selama proses pemanenan tebu tidak menggunakan prinsip ergonomi. Sehingga menyebabkan keluhan pegal -pegal dan rasa sakit yang dirasakan para pekerja. Keluhan tersebut jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan cedera otot atau musculoskleletal disorder. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengidentifikasi keluhan musculoskleletal pada seluruh proses pemanenan tebu menggunakan Nordic Body Map (NBM). Selanjutnya dilakukan penilaian postur dengan menggunakan metode Quick Exposure Check (QEC) yang bertujuan untuk menilai postur kerja sehingga dapat diketahui bagian stasiun kerja mana yang mendapatkan nilai exposure level tertinggi. Berdasarkan perhitungan yang saya gunakan dengan metode Quick Exposure Check (QEC) terdapat proses kerja yang tertinggi yaitu proses pemotongan dengan nilai rata-rata exposure level sebesar 68,75% dan 67,05%. Dari proses pemotongan didapatkan rekomendasi berupa alat pemotong tebu otomatis yang sudah diujikan selama satu hari dengan waktu kerja 5-7 jam per hari. Hasil dari pengujian didapatkan skor nilai rata-rata sebesar 43,18% mengalami penurunan dan termasuk dalam kategori perlu penelitian lebih lanjut. Kata Kunci : Stasiun Pemanenan Pabrik Gula Trangkil, Musculoskleletal Disorder (MSDs), Quick Exposure Check (QEC)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:42
Last Modified: 25 Jan 2023 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27971

Actions (login required)

View Item View Item