ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI PECAHAN

Anwar, Syaeful (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI PECAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800001_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201800001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi kesalahan siswa dalam pemecahan masalah cerita materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Temanggung I sebanyak 17 siswa. Berdasarkan hasil tes tertulis pencarian subjek utama yang terdiri dari 17 siswa terpilih 3 responden menjadi subjek utama. Adapun subjek utama didapatkan dan dipilih dengan dengan kesalahan terendah. Berdasarkan temuan dan pembahasan dalam penelitian ini didapatkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika Soal cerita pecahan terdapat kesalahan yang sesuai indikator pemecahan masalah menurut Newman, yaitu membaca masalah, memahami masalah, transformasi kedalam model matematika, proses perhitungan dan juga menuliskan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti temukan yaitu, kesalahan membaca masalah sebanyak 2 kesalahan, kesalahan dalam memahami masalah sebanyak 2 kesalahan, kesalahan dalam transformasi sebanyak 2 kesalahan, kesalahan dalam perhitungan sebanyak 4 kesalahan dan kesalahan dalam menuliskan kesimpulan sebanyak 5 kesalahan. Jumlah kesalahan yang dilakukan akan dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan jumlah kesalahan yang dilakukan oleh siswa, yaitu kategori rendah, kategori sedang dan kategori tinggi. Membaca masalah, memahami masalah, dan transformasi tergolong kategori rendah, kesalahan perhitungan tergolong kedalam kategori sedang, serta kesalahan dalam menuliskan kesimpulan tergolong kategori tinggi. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah, Tahapan Newman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:46
Last Modified: 25 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27965

Actions (login required)

View Item View Item