TRANSPOSISI DIDAKTIK MATERI BILANGAN RASIONAL: STUDI KASUS ANALISIS BUKU TEKS DAN PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA

Fatimatuzzahroh, Siti (2022) TRANSPOSISI DIDAKTIK MATERI BILANGAN RASIONAL: STUDI KASUS ANALISIS BUKU TEKS DAN PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700019_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201700019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Bilangan Rasional merupakan salah satu materi dasar dalam matematika. Namun, terdapat banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi tersebut. Dengan demikian perlu adanya penunjang pembelajaran salah satunya dengan menggunakan buku teks. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan analisis didaktik secara rinci transposisi materi bilangan rasional dari pengetahuan pada buku teks matematika untuk disampaikan kepada siswa serta bagaimana proses pengetahuan dari buku teks matematika dapat diterima siswa. Analisis difokuskan pada Hipotesis Tugas Siswa (HTS). Peneliti menggunakan model organisasi prakseologi yang digunakan untuk mengkategorikan jenis tugas dan teknik pada materi bilangan rasional. Sumber data diambil dari BSE dan buku Merdeka Belajar. Teknik analisis data yang peneliti gunakan ada tiga tahap yaitu pengolahan data, analisis induktif dan interpretasi data. Pengetahuan matematika yang akan diajarkan tentang bilangan rasional dianalisis dari buku teks dengan menggunakan empat HTS. Dua diantaranya pada operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan serta dua diantaranya pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan campuran. Buku teks tidak menyajikan contoh tugas maupun teknik yang jelas dalam materi tersebut. Oleh karena itu, peneliti menggunakan HTS pada siswa sehingga mereka mampu mentransposisikan pengetahuan didaktik mereka dari buku teks untuk dapat diterima siswa. Hasil penelitian didapatkan, jika dilihat dari segi transposisi didaktik setelah diberikan HTS siswa lebih mudah mengerjakan soal bilangan pecahan. Berbeda dengan pekerjaan mereka sebelum diberikan HTS, ditemukan banyak siswa menganggap bahwa prosedur penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan sebagai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Siswa menjumlahkan atau mengurangkan angka berdasarkan posisinya. Siswa tidak menyadari bahwa mereka perlu mengubah teknik dari melihat bilangan pecahan sebagai dua bilangan yang berbeda sehingga menjadi bilangan yang utuh, hal tersebut yang dinamakan sebagai Organisasi Prakseologi. Ketidaktepatan dalam menggunakan model ini dapat menyebabkan siswa salah mengartikan bilangan pecahan. Hal tersebut terjadi karena di buku teks belum menyajikan contoh tugas dan teknik pada bilangan pecahan tersebut. Kata Kunci: Transposisi Didaktik, Bilangan Rasional, Buku Teks, Pengetahuan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:56
Last Modified: 25 Jan 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27953

Actions (login required)

View Item View Item