FAKOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFFECTIVE TAX RATE PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE AND BUILDING CONSTRUCTION DI BURSA EFEK INDONESIA

PURDIANI, MONICA AINI (2021) FAKOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFFECTIVE TAX RATE PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE AND BUILDING CONSTRUCTION DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800228_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Pajak digunakan untuk membantu mendanai penyediaan sarana prasarana umum. Pemerintah menetapkan penyederhanaa perhitungan pajak terhadap pengusaha kena pajak. Terdapat masalah yang sering muncul yaitu tarif pajak dan tarif pajak efektif. Tarif pajak efektif digunakan untuk mengukur pajak ya dibayarkan sementara tarif pajak menunjukkan kewajiban pajak terhadap penghasilan kena pajak. ETR perusahaan digunakan untuk membuat acuan keputusan pihak yang berkepentingan untuk membuat kebijakan. Efektif tidaknya upaya perusahaan memprediksi beban pajaknya dilihat melalui ETR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, laverage, intensitas modal, dan komisaris independen terhadap efektifitas pajak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan property, real estate, dan building construction yang terdaftar di BEI selama tahun 2015-2019. Metode pegambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan laverage berpengaruh signifikan ke arah negatif terhadap Effective Tax Rate, sedangkan intensitas modal dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap effecive tax rate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:28
Last Modified: 25 Jan 2023 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27938

Actions (login required)

View Item View Item