PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH PRODUK CACAT PADA MESIN ES LOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus : CV. Prima Es Krim)

SETIAWAN, ANDRIAN DWI (2022) PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH PRODUK CACAT PADA MESIN ES LOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus : CV. Prima Es Krim). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700016_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

CV. Prima Es Krim merupakan sebuah perusahaan yang menghasilkan jenis makanan yang berbahan baku dari adonan menjadi sebuah produk es krim. Perusahaan ini menghasilkan umumnya berbagai produk es krim, yang selalu menghadirkan produk-produk Es krim dari bahan alami, yang berkualitas. Di CV. Prima Es Krim terdapat permasalahan yang di dapat pada saat produksi di Mesin Es Loli cacat yang di dapatkan seperti cacat bentuk tidak sempurna, cacat rasa, dan cacat stik. Ini menjadi fokus penelitian penulis dengan tingkat kecacatan tertinggi di CV. Prima Es Krim pada bulan Agustus yaitu sebesar 3,87% dan kecacatan terendah pada bulan November yaitu sebesar 2,10%. CV.Prima Es Krim melakukan menetapkan pengendalian kualitas maksimum toleransi rusak sebesar 2%. Six sigma merupakan pendekatan menyeluruh untuk menyelesaikan masalah dan peningkatan proses melalui tahap DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Dari tahap Measure didapatkan DPMO 30179 dengan nilai sigma sebesar 3,38. Kemudian pada tahap Analyze menggunakan Fishbone Diagram dan Diagram Pareto. Improve dilakukan perbaikan upaya menangani kecacatan, penyebab munculnya kecacatan di CV. Prima Es krim adalah adanya faktor manusia, mesin, material, lingkungan dan metode. Dilihat dari faktor manusia kurang adanya pelatihan, faktor mesin lamanya perbaikan, faktor material stik yang cepat lapuk, faktor lingkungan ruangan yang panas membuat operator tidak nyaman dan lantai licin, faktor metode tidak melihat prosedur dari perusahaan. Dari penyebab cacat tersebut dilakukan perbaikan, yaitu adanya pelatihan, perbaikan mesin yang tepat waktu, penempatan material stik yang baik dan bersih, diperlukan kipas / ventilasi untuk keluar masuk angin. Dari hasil perbaikan didapatkan DPMO 6222 dengan nilai sigma sebesar 4,00. Dari perubahan nilai sigma sebesar 0,62, pengendalian dapat dilakukan pemeriksaan adanya pada setiap prosesnya agar kecacatan dapat berkurang. Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Six Sigma - DMAIC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:28
Last Modified: 25 Jan 2023 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item