PERANCANGAN JOK SOPIR BUS DENGAN ANALISIS NORDIC BODY MAP (NBM), RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DAN ANTHROPOMETRY UNTUK MENGURANGI MUSCULOSKELETAL DISORDERS SAAT BERKENDARA

Setiawan, Agung Putra (2022) PERANCANGAN JOK SOPIR BUS DENGAN ANALISIS NORDIC BODY MAP (NBM), RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DAN ANTHROPOMETRY UNTUK MENGURANGI MUSCULOSKELETAL DISORDERS SAAT BERKENDARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601700006_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Penggunaan jok pada bagian sopir bus saat ini masih tergolong simpel dari segi bentuk, penggunaan busa serta kulit dari jok tersebut. Keluhan musculoskeletal disorders ini juga disampaikan oleh sopir bus yang dapat dijadikan landasan untuk dilakukannya penelitian. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada 10 sopir bus lalu didapatkan hasil keluhan yang sering muncul dialami oleh sopir bus antara lain: leher, punggung, pinggang, bokong dan kaki khususnya kaki kiri. Dengan detail keluhan: 100% sopir merasakan ketidaknyamanan di bagian leher, 70% di bagian punggung, 80% di bagian pinggang, 90% dibagian bokong dan 80% di bagian kaki. Penelitian ini menggunakan metode Nordic Body Map (NBM) dan Rapid Entire Body Assessment (REBA) untuk membantu mengidentifikasi tingkat risiko serta menunjukkan anggota tubuh yang perlu adanya perhatian. Dalam perancangan desain 3D perbaikan, anthropometry digunakan sebagai acuan dalam menentukan ukuran dari produk yang akan dibuat. Kata Kunci: Musculoskeletal Disorders, REBA, NBM, Anthropometry, Jok Sopir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:48
Last Modified: 24 Jan 2023 07:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27927

Actions (login required)

View Item View Item