PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, UMUR USAHA, MOTIVASI USAHA, DAN KEPRIBADIAN PEMILIK TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (SAK EMKM)

Nurzairina, Yulita Della Rosa (2022) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, UMUR USAHA, MOTIVASI USAHA, DAN KEPRIBADIAN PEMILIK TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (SAK EMKM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800187_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang diatas dengan disimpulkan dalam rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisisUntuk menguji dan menganalisis pengaruh pemahaman akuntansi terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh umur usaha terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi usaha terhadap berpengaruh terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepribadian pemilik terhadap berpengaruh terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM). Penelitian deskriptif menitikberatkan pada penjelasan sistematis tentang fakta-fakta yang diperoleh saat penelitian dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelaku UKM di Kota Semarang. Peneliti mengambil sampel UMKM sektor industri makanan karena saat ini industri makanan banyak diminati oleh kalangan masyarakat selain itu industri makanan juga merupakan salah satu sektor industri yang terdampak pandemi covid-19. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pemahaman akuntansi tidak ada pengaruh terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah.Umur usaha terhadap pengaruh positif terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah. Motivasi memiliki hubungan positif terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah. Kepribadian Pemilik memiliki hubungan positif terhadap penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah. Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Umur Usaha, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:45
Last Modified: 24 Jan 2023 07:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27917

Actions (login required)

View Item View Item