INOVASI PENGEMBANGAN PRODUK MINYAK ATSIRI DAUN CENGKIH DARI BAHAN SETENGAH JADI MENJADI PRODUK MINYAK GOSOK YANG SIAP DIPASARKAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)

Firdaus, Jonathan (2022) INOVASI PENGEMBANGAN PRODUK MINYAK ATSIRI DAUN CENGKIH DARI BAHAN SETENGAH JADI MENJADI PRODUK MINYAK GOSOK YANG SIAP DIPASARKAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601601299_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601299_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

CV. Barokah Atsiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang esensial yang memproduksi minyak atsiri daun cengkih namun hanya setengah jadi dan kualitas belum jelas sehingga nilai ekonominya kurang dan harganya relatif rendah. Hasil produksi minyak cengkih tersebut di distribusikan kepada tengkulak dan selanjutnya akan di kirimkan ke beberapa produsen yang ada di beberapa tempat pengolahan produk minyak atsiri di Semarang. Survey yang dilakukan dengan pendekatan QFD (Quality Function Deployment) serta suara konsumen (Voice of Engineer) untuk mengetahui tingkat kepuasan produk prioritas tingkat kepuasan 5 yaitu aroma therapynya dapat membuat tubuh nyaman, komposisi bahan dicantumkan, kegunaan (indikasi) dicantumkan pada kemasan produk, memiliki berbagai variasi volume dalam kemasan, tanggal produksi dan kadaluarsa produk dicantumkan, Produk minyak gosok hasil pengembangan dapat kategorikan aman sebagai obat luar atau gosok berdasarkan uji laboratorium STIFAR Parameter Standart Mutu Minyak Daun Cengkeh Dengan SNI 06-2387-2006 sehingga dapat dikatakan produk inovasi dapat dipertimbangkan untuk di produksi massal dan dapat bersaing dengan produk yang sudah ada. Kata Kunci: Pengembangan Produk, Quality Function Deployment, Minyak cengkeh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:44
Last Modified: 24 Jan 2023 07:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27916

Actions (login required)

View Item View Item