PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIK (QSPM) (Studi Kasus : UKM Putri Bolu dan Donat, Kaliwungu)

FATCHROJIONO, HERZA KUSUMADARMA (2022) PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIK (QSPM) (Studi Kasus : UKM Putri Bolu dan Donat, Kaliwungu). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601601290_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601290_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

UKM Putri Bolu dan Donat merupakan sebuah usaha kecil menengah yang bergerak dibidang produksi makanan macam kue seperti bolu, dan donat. UKM Putri Bolu dan Donat harus mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi persaingan, yang akan sangat membantu dalam mendefinisikan diri, serta memanfaatkan semua peluang. strategi pemasaran adalah upaya untuk menemukan pemasaran yang menguntungkan. posisi dalam sebuah perusahaan. Permasalahan yang didapat adalah data penjualan menurun dikarenakan tingkat perekonomian masyarakat menurun karena terjadi nya masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang. menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik bagi UKM Putri Bolu dan Donat menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrik IFE diperoleh total skor yang dimiliki UKM Putri Bolu dan Donat sebesar 3,43, sedangkan analisis matrik EFE sebesar 2,10. Hasil matrik IE berada pada sel IV yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel IV terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matrik SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh UKM Putri Bolu dan Donat. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah Menjalin kerjasama dengan pihak instansi atau perusahaan guna melakukan promosi untuk meningkatkan minat beli pelanggan dengan skor TAS sebesar 7,18. Kata Kunci : Matrik IE, Matrik IFE EFE, Matrik QSPM, Matrik SWOT, Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:30
Last Modified: 25 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27912

Actions (login required)

View Item View Item