ANALISA RISIKO K3 PADA 3 STASIUN KERJA PENGECORAN LOGAM MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILTY STUDY ( HAZOP) ( Studi kasus : CV. Bonjor Jaya Klaten )

Kusuma, Birawa Candra (2022) ANALISA RISIKO K3 PADA 3 STASIUN KERJA PENGECORAN LOGAM MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILTY STUDY ( HAZOP) ( Studi kasus : CV. Bonjor Jaya Klaten ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601601259_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601259_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan risiko potensi hazard kecelakaan kerja, mencari penyebab risiko kecelakaan kerja dan memberikan tindakan penanganan untuk mencegah risiko yang telah teridentifikasi di CV. Bonjor Jaya Klaten. Dalam proses manufaktur, dari kecelakaan yang berisiko rendah hingga kecelakaan, ada potensi dari segi risiko kecelakaan kerja. dengan resiko extrim. Upaya dalam mengurangi kecelakaan kerja akibat bahaya resiko yang ditimbulkan yaitu mencari sumber HAZARD, mengidentifikasi temuan HAZARD, melakukan penilaian risiko dan menentukan pengendalian risiko yang dihadapi. Pentingnya tindakan untuk mencegah resiko K3 harus diterapkan agar perusahaan dapat meminimalkan potensi bahaya. Dari data historis perusahaan dalam kurun waktu 2018-2020 dari jumlah tenaga kerja sebanyak 50 orang dibagian produksi, 34 orang diantaranya pernah mengalami kecelakaan kerja. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menerapkan metode HAZOP, dalam metode itu sendiri secara sistematis bekerja dengan mencari berbagai sumber hazard (cause) yang memungkinkan timbulnya kecelakaan kerja dan menentukan konsekuensi yang merugikan sebagai akibat terjadinya penyimpangan serta memberikan rekomendasi atau tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari potensi risiko yang telah diidentifikasi. Dari hasil penelitian menggunakan metode HAZOP diperoleh hasil sebagai berikut, untuk kategori resiko extrim didapatkan persentase sebesar 13,3%, untuk kategori resiko tinggi didapatkan persentase sebesar 6,7% , untuk resiko sedang didapatkan persentase sebesar 46,7% dan untuk resiko rendah didapatkan persentase 33,3%, dengan hal tersebut dapat ditarik kesimpuan bahwa kategori resiko yang terjadi pada produksi pengecoran logam di CV. Bonjor Jaya paling banyak pada kategori resiko sedang, kemudian resiko rendah, resiko extrim dan terakhir resiko tinggi. Di dalam pengendalia resiko CV. Bonjor Jaya melakukan prosedur pengendalian antara lain, yang pertama administrasi kontrol adalah pengendalian hazard yang dilakukan secara administratif, kemudian pengendalian teknis engineering adalah pengendalian hazard melalui perbaikan desain, penambahan peralatan dan pemasangan peralatan pengaman, pengendalian yang terakhir dilakukan dengan APD yaitu perlindungan keselamatan kerja melalui langkah-langkah teknis untuk melindungi situs, mesin, peralatan dan lingkungan kerja. Kata Kunci : Analisis Kecelakaan Kerja, HAZOP, CV. Bonjor Jaya Klaten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:38
Last Modified: 24 Jan 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item