FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Kudus)

Anwar, Syaiful (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401800167_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

Pajak di Indonesia menjadi sumber pendapatan negara terbesar sehingga dalam pengolahannya pajak membutuhkan prioritas dalam pemerintahan. Mulai tahun 2013 pemerintah secara perlahan mulai memperhatikan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang mulai berkembang dengan cepat dengan memberlakukan pajak pada UMKM. Namun, kepatuhan wajib pajak di Indonesia masih menjadi permasalahan yang setiap tahunnya karena masih rendahnya kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, love of money, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data penelitian berupa data primer yang didapatkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan populasi wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Kudus dengan jumlah sampel 178 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, love of money, dan pengetahuan perpajakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata kunci: Religiusitas, Love of money, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:43
Last Modified: 25 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27887

Actions (login required)

View Item View Item